LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU
GURU
Judul buku :
Kelas : VII
Jenjang : SMP/MTs
Tema/Topik : Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan yang Maha Esa
NO.
|
ASPEK YANG DIANALISIS
|
HASIL ANALISIS
|
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
|
||
TIDAK
SESUAI
|
SESUAI
SEBAGIAN
|
SESUAI
|
|||
1.
|
Kesesuaian dengan SKL
|
V
|
Sudah sesuai sebagian dengan SKL,
karna isinya sudah mencakup aspek afektif dan psikomotorik
|
||
2.
|
Kesesuaian dengan KI
|
V
|
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan
masyarakat
4.6 Menyaji hasil telaah tentang interaksi dengan teman dan orang lain berdasarkan
prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama,
ras, budaya, dan jenis kelamin
|
||
3.
|
Kesesuaian dengan KD
|
V
|
Sebagian sesuai, karna dari tema
menuju KI dan KD itu dijabarkan secara terperinci , seperti tema beriman dan
bertaqwa kepada tuhan yang maha esa di KI itu dijelaskan bahwa manusia itu
harus menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya kemudian di KD
nya setelah manusia itu menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
dituntut untuk menghargai perilaku
beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia dalam
kehidupan sekolah dan masyarakat.
|
||
4.
|
Kecukupan materi ditinjau
dari:
a.
cakupan konsep/materi esensial
b.
alokasi
waktu.
|
V
|
a. dilihat dari petunjuk pemberian
tugas berupa pengamatan-pengamatan tingkah laku siswa .
b. pada BAB ini dilakukan empat
pertemuan yang masing beralokasi 120 menit.
|
||
5.
|
Kedalaman materi pengayaan ditinjau
dari:
a.
Pola
pikir keilmuan
b.
Karakteristik
siswa
|
V
|
a. setelah mengikuti pembelajaran diharapkan siswa dapat menguasai materi beriman
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan pemahaman akan
pentingnya memiliki akhlak mulia di sekolah dan masyarakat.
b. dalam pembelajaran pada BAB ini siswa
akan belajar tentang arti penting beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa. Siswa diharapkan mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap
beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia di lingkungan sekolah dan
masyarakat.
|
||
6.
|
Informasi pembelajaran sesuai standar proses
|
V
|
Dibuktikan dengan isi materi pada
halaman :
|
||
7.
|
Penerapan Pendekatan Scientific
|
V
|
Pendekatan ilmiah yang dimulai dari anak
mengmati, bertanya ,menalar,menganalisis,
mencoba, mengumpulkan
informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan
|
||
8.
|
Penilaian Autentik dan Bahan Remedial Teaching
|
v
|
Karna bahan remedial hanya melalui
penjelasan kembali oleh guru kemudian dilanjutkan dengan uji kompetensi
kembali sedangkan isi dari BAB ini itu mencakup penanaman nilai dan tingkah
laku siswa sehari-hari dalam kehidupan di keluarga, sekolah maupun masyarakat
dalam saling menghargai antar umat beragama. Jadi seharusnya Remedial Teaching
itu jangan hanya mencakup aspek kognitifnya saja tapi juga afektif dan
psikomotorinya disesuaikan dengan isi bab ini .
|
||
9.
|
Kolom interaksi antara guru dengan orangtua
|
V
|
Guru meminta siswa memperlihatkan hasil pekerjaan yang telah dinilai/dikomentari
guru kepada orang tuanya. Kemudian orang tua mengomentari hasil pekerjaan
siswa. Orang tua dapat menuliskan apresiasi kepada anak sebagai bukti
perhatian mereka agar anak senantiasa berusaha memperkuat apa yang telah
menjadi pemahaman, sikap, dan perilaku siswa. Hasil penilaian yang telah
diparaf guru dan orang tua kemudian disimpan dan menjadi portofolio siswa.
|
LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU SISWA
Judul buku :
Kelas : VII
Jenjang : SMP
Tema/Topik : Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan yang Maha Esa
NO.
|
ASPEK YANG DIANALISIS
|
HASIL ANALISIS
|
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
|
||
TIDAK
SESUAI
|
SESUAI
SEBAGIAN
|
SESUAI
|
|||
1.
|
Kesesuaian dengan SKL
|
V
|
Sudah sesuai
dengan SKL, karna isinya sudah mencakup aspek k afektif dan psikomotorik,
seperti dalam bab ini siswa mendapatkan beberapa penugasan , yang dalam
penugasan itu mencakup tugas individu, kelompok dan penilaian afektif
|
||
2.
|
Kesesuaian dengan KI
|
V
|
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan
masyarakat
4.6 Menyaji hasil
telaah tentang interaksi dengan
teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai
dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan jenis kelamin
|
||
3.
|
Kesesuaian dengan KD
|
V
|
Ditunjukan
dengan adanya materi penanaman nilai yang meliuti akhlak mulia dalam
kehidupan sehari-hari baik itu akhlak mulia dalam kehidypan pribadi, sekolah
maupun masyarakat
|
||
4.
|
Kecukupan materi ditinjau
dari:
a.
cakupan konsep/materi esensial
b.
alokasi
waktu.
|
V
|
a. makna
beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, akhlak mulia dalam kehidupan
sehari-hari,
b. pada BAB ini
dilakukan empat pertemuan yang masing beralokasi 120 menit.
|
||
5.
|
Kedalaman materi pengayaan ditinjau
dari:
a.
Pola
pikir keilmuan
b.
Karakteristik
siswa
|
V
|
a. setelah
mengikuti pembelajaransiswa dituntut untuk dapat menunjukan akhlak mulia dan
memberikan contoh serta suri tauladan dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa maupun bernegara.
b.
karakteristik siswa
|
||
6.
|
Penerapan Pendekatan Scientific
|
V
|
Pendekatan
ilmiah yang dimulai dari anak mengmati, bertanya ,menalar,menganalisis,
mencoba, mengumpulkan
informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan
|
||
7.
|
Penilaian Autentik yang tersedia dalam buku siswa
|
V
|
Dalam
penilaianya meliputi Tugas individu, tugas kelompok, penilaian afektif
|
artikel yang sangat bermanfaat...
BalasHapus