Kamis, 09 Oktober 2014

Buku Teks

LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU GURU
Judul buku    :
Kelas               :  VII
Jenjang           : SMP/MTs
Tema/Topik   : Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan yang Maha Esa
NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
HASIL ANALISIS
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
TIDAK SESUAI
SESUAI SEBAGIAN
SESUAI
1.
Kesesuaian dengan SKL

V

Sudah sesuai sebagian dengan SKL, karna isinya sudah mencakup aspek afektif dan psikomotorik
2.
Kesesuaian dengan KI


V
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
4.6 Menyaji hasil telaah tentang interaksi    dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan jenis kelamin
3.
Kesesuaian dengan KD


V
Sebagian sesuai, karna dari tema menuju KI dan KD itu dijabarkan secara terperinci , seperti tema beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa di KI itu dijelaskan bahwa manusia itu harus menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya kemudian di KD nya setelah manusia itu menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya dituntut untuk  menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan sekolah dan masyarakat.
4.
Kecukupan materi ditinjau dari:
a.       cakupan  konsep/materi esensial
b.      alokasi waktu.


V
a. dilihat dari petunjuk pemberian tugas berupa pengamatan-pengamatan tingkah laku siswa .
b. pada BAB ini dilakukan empat pertemuan yang masing beralokasi 120 menit.
5.
Kedalaman materi pengayaan ditinjau dari:
a.       Pola pikir keilmuan
b.      Karakteristik siswa


V
a. setelah mengikuti pembelajaran diharapkan siswa dapat menguasai materi beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan pemahaman akan pentingnya memiliki akhlak mulia di sekolah dan masyarakat.
b. dalam pembelajaran pada BAB ini  siswa akan belajar tentang arti penting beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Siswa diharapkan mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia di lingkungan sekolah dan masyarakat.
6.
Informasi pembelajaran sesuai standar proses


V
Dibuktikan dengan isi materi pada halaman :
7.
Penerapan Pendekatan Scientific


V
Pendekatan ilmiah yang dimulai dari anak mengmati, bertanya ,menalar,menganalisis, mencoba, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan

8.
Penilaian Autentik dan Bahan Remedial Teaching

v

Karna bahan remedial hanya melalui penjelasan kembali oleh guru kemudian dilanjutkan dengan uji kompetensi kembali sedangkan isi dari BAB ini itu mencakup penanaman nilai dan tingkah laku siswa sehari-hari dalam kehidupan di keluarga, sekolah maupun masyarakat dalam saling menghargai antar umat beragama. Jadi seharusnya Remedial Teaching itu jangan hanya mencakup aspek kognitifnya saja tapi juga afektif dan psikomotorinya disesuaikan dengan isi bab ini .
9.
Kolom interaksi antara guru dengan orangtua


V
Guru meminta siswa memperlihatkan hasil pekerjaan yang telah dinilai/dikomentari guru kepada orang tuanya. Kemudian orang tua mengomentari hasil pekerjaan siswa. Orang tua dapat menuliskan apresiasi kepada anak sebagai bukti perhatian mereka agar anak senantiasa berusaha memperkuat apa yang telah menjadi pemahaman, sikap, dan perilaku siswa. Hasil penilaian yang telah diparaf guru dan orang tua kemudian disimpan dan menjadi portofolio siswa.






LEMBAR KERJA ANALISIS BUKU SISWA
Judul buku    :
Kelas               :  VII
Jenjang           : SMP
Tema/Topik   : Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan yang Maha Esa
NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
HASIL ANALISIS
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
TIDAK SESUAI
SESUAI
SEBAGIAN
SESUAI
1.
Kesesuaian dengan SKL

V

 Sudah sesuai dengan SKL, karna isinya sudah mencakup aspek k afektif dan psikomotorik, seperti dalam bab ini siswa mendapatkan beberapa penugasan , yang dalam penugasan itu mencakup tugas individu, kelompok dan penilaian afektif
2.
Kesesuaian dengan KI


V
 1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
4.6 Menyaji hasil telaah tentang interaksi    dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan jenis kelamin
3.
Kesesuaian dengan KD


V
  Ditunjukan dengan adanya materi penanaman nilai yang meliuti akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari baik itu akhlak mulia dalam kehidypan pribadi, sekolah maupun masyarakat
4.
Kecukupan materi ditinjau dari:
a.       cakupan  konsep/materi esensial
b.      alokasi waktu.

V

  a. makna beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari,
b. pada BAB ini dilakukan empat pertemuan yang masing beralokasi 120 menit.
5.
Kedalaman materi pengayaan ditinjau dari:
a.       Pola pikir keilmuan
b.      Karakteristik siswa

V

  a. setelah mengikuti pembelajaransiswa dituntut untuk dapat menunjukan akhlak mulia dan memberikan contoh serta suri tauladan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara.
b. karakteristik siswa
6.
Penerapan Pendekatan Scientific


V
 Pendekatan ilmiah yang dimulai dari anak mengmati, bertanya ,menalar,menganalisis, mencoba, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan
7.
Penilaian Autentik yang tersedia dalam buku siswa


V
  Dalam penilaianya meliputi Tugas individu, tugas kelompok, penilaian afektif

1 komentar: